Wednesday, August 20, 2008

Falsafah MD (Marriage Divorce) Values dan Cermin

MD Values berarti :
  1. Marriage value, yaitu sesuatu yang selalu positif/baik, tidak pernah salah atau negatif. Misal kita mempunyai pandangan marriage value pada seseorang yang kita idolakan, maka baik buruk orang tersebut akan selalu terlihat positif.
  2. Kebalikannya adalah Divorce value, yaitu sesuatu yang negatif/tidak baik, tidak pernah baik atau positif. Misal kita benci pada seseorang, maka apapun yang dilakukan oleh orang tersebut, maka akan tampak negatif semua.
Kedua hal ini sangatlah tidak baik dan mempengaruhi tingkah laku / sikap seseorang. Jalan keluarnya adalah berfikir obyektif positif. Kita menilai sesuatu selalu dalam koridor obyektif namun dalam kerangka yang positif. Sehingga sikap kita akan selalu tepat pada tempatnya. Karena kalau dalam kerangka sebaliknya, akan menimbulkan efek negatif pula. Inilah yang dalam agama islam itu diajarkan untuk selalu husnudz dzon (berbaik sangka, tapi bukan yang marriage value).

Falsafah Cermin/kaca.

Ada dua hal dalam falsafah ini. Pertama adalah cara pandang kita terhadap sesuatu. Gunakanlah kaca mata yang tepat sesuai dengan kemampuan kita, sehingga obyek yang kita lihat nampak apa adanya secara obyektif. Jangan menggunakan kaca mata orang lain dalam memandang sesuatu atau memaksakan orang lain untuk memandang sesuatu dengan kaca mata kita. Maka obyektifitas akan terdistorsi bila kaca mata yang kita pakai tidak tepat.

Kedua, Gunakanlah kaca/cermin datar dalam melihat / memberikan / menyampaikan sesuatu. Karena bila menggunakan kaca cembung atau cekung, maka obyektifitas data juga akan terdistorsi.

Sumber : Wawancara Pak Nuh (menkominfo 2008) di SCTV, 20 Agustus 2008

No comments: